Langsung ke konten utama

Peristiwa - Peristiwa Hari Akhir


Bagaimana gambaran mengenai hari kiamat? Mengenal peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari kiamat Allah SWT telah menggambarkan dalam Al Qur'an Surat Al Zalzalah sebagai berikut
إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا ١
وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا ٢
وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا ٣
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا ٤
بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا ٥
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ ٦
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ ٧
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ ٨

Artinya:
1. apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3. dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",
4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5. karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
6. pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,
7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.
8. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula. (QS.Surat Al Zalzalah ayat 1-8)

Pada ayat-ayat yang lain yaitu surat Al Qoriah ayat 4-5, Allah juga menceritakan kejadian hari kiamat yaitu "Pada hari itu manusia dalah seperti anal-anal yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

Di dalam Al Qur'an hari kiamat disebut dengan banyak nama. Berikut ini kita pelajari beberapa nama-nama hari kiamat:
1. Yaumul Akhir
Artinya hari akhir, karena kiamat merupakan hari paling akhir dari kehidupan di alam dunia, dan dimulailah kehidupan akhirat.
2. Yaumul Zalzalah
Artinya hari keguncangan atau hari keruntuhan karena pada saat kiamat terjadi, bumi mengalami keguncangan yang amat dahsyat. Seperti digambarkan Allah pada dalam Surat Al Zalzalah.
3. Yaumul Haqqah
Artinya hari kebenaran, karena hari kiamat pasti akan benar-benar terjadi.
4. Yaumul Qiyamah
Hari kiamat, yaitu kehancuran alam semesta dan seluruh isinya termasuk seluruh makhluk, seperti firman Allah SWT Surat Al Qiyamah ayat 6-9:
 يَسْأَلُأَيَّانَيَوْمُالْقِيَامَةِ
فَإِذَابَرِقَالْبَصَر
وَخَسَفَالْقَمَرُ
وَجُمِعَالشَّمْسُوَالْقَمَرُ
Artinya: Ia bertanya: `Bilakah hari kiamat itu?`, Maka apabila mata terbelalak (ketakutan), dan apabila bulan telah hilang cahayanya, dan matahari dan bulan dikumpulkan, (QS. Surat Al Qiyamah ayat 6-9)
 5. Yaumul Ba'ats
Yaitu hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur (alam barzah). Ketika Allah memerintah malaikat Israil untuk meniup sangkakala. Maka manusia yang sudah berabad-abad menjadi tulang yang sudah berserakan didalam kubur, dengan kekuasaan Allah hidup kembali untuk menerima balasan. Sesuai dengan amal perbuatan yang dilakukannya.
6. Yaumuddin
Hari kemudian, ketika itu tidak ada satupun makhluk Allah yang hidup, hanya Allah yang menjadi raja, Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu. Firman Allah SWT dalam surat Al Fatihah ayat 4:
مَالِكِيَوْمِالدِّينِ
Yang menguasai hari pembalasan.
7. Yaumul Mahsyar









 Yaitu hari berkumpulnya manusia. Pada hari itu manusia dikumpulkanpada suatu tempat yang sangat luas, disebut padang mahsyar. Di tempat itulah diperlihatkan amal perbuatan yang pernah mereka lakukan di dunia. Matahari berada sejengkal di atas kepala manusia, maka tidak ada satupun yang dapat memberikan pertolongan, kecuali amal baik yang pernah mereka lakukan.
8. Yaumul Hisab
Yaitu hari perhitungan amal manusia. Pada hari itu manusia tidak bisa berdusta atas amal perbuatan yang pernah mereka lakukan di dunia. Karena mulut mereka telah terkunci, seperti firman Allah SWT dalam surat Yasin ayat 65:
 
Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.
Tangan dan kaki akan menampakkan bentuk perilaku mereka
dengan watak dan sifatnya, sehingga tidak satu pun yang terdustakan di sini. Sementara mulut terkunci. Yang berbicara bukan lagi mulutnya tetapi perilakunya, sesuai dengan  watak naluri perbuatannya. (QS.Yasin ayat 65)
9. Yaumul Mizan
Yaitu hari di timbangnya amal seluruh amal manusia selama di dunia. Mereka harus dapat mempertanggung jawabkan segala perbuatan yang pernah mereka lakukan. Jika timbangan kebaikannya lebih berat daripada kejahatannya maka surgalah tempatnya. Tapi jika timbangan kejahatannya lebih berat maka nerakalah tempatnya. Firman Allah SWT:
 
Artinya: Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. (QS.Surat Al Anbiya ayat 47)
10. Yaumul Jaza
Yaitu hari pembalasan amal perbuatan manusia. Disanalah manusia menerima balasan yang setimpal dengan amal perbuatannya. Jika amal kebaikannya banyak maka masuklah mereka kedalam surga dan berbagai macam nikmatnya yang ada di dalammnya, namun sebaliknya, jika banyak amal jahat yang mereka lakukan masuk kedala api neraka yang menyala-nyala. Firman Allah dalam Surat Al Mukmin Ayat 17:
 
Berilah mereka peringatan dengan hari yang dekat (hari kiamat yaitu) ketika hati (menyesak) sampai di kerongkongan dengan menahan kesedihan. Orang-orang yang zalim tidak mempunyai teman setia seorangpun dan tidak (pula) mempunyai seorang pemberi syafa'at yang diterima syafa'atnya. (QS.Al Mukmin ayat 17)

Komentar

  1. Cari situs yang aman Terpercaya dan Mudah Menang?
    Mari bergabung sekarang juga dan buktikan sendiri hanya di MAINZOYAQQ.COM
    Dapatkan juga bonus special :
    • Bonus New Member
    • VIP Unlimited Bonus
    • Bonus Rollingan up to 0.3% (Setiap 5hari)
    • Bonus Referral 15% (Seumur Hidup)

    Yuk, buruan DAFTAR sekarang juga
    Info lebih lanjut silahkan hubungi kontak kami
    Whatsapp : +6282192107386
    Instagram : zoya99_official
    BBM : D8B82A86 / 2BE5BC31
    Line : zoya_qq
    Telegram : ZoyaQQ

    BalasHapus
  2. 8 Game Yang disediakan oleh pihak JURAGANQQ diantaranya adalah :

    * AduQ
    * BandaarQ
    * BandaarQ Poker
    * Bandar 66 ( New Games )
    * Capsa Susun
    * Domino QQ
    * Poker
    * Sakong

    Keunggulan jika bergabung di website JURAGANQQ :

    - 100% Mudah Menang & Fairplay Game
    - Minimal Deposit & Withdraw Rp 20.000,-
    - Bonus Rollingan 0.3% (Tanpa Syarat)
    - Bonus Referral 15% (Seumur Hidup)
    - Sistem keamanan terbaru
    - Support 5 Bank Local Online 24Jam ( BCA , BNI , BRI , DANAMON , MANDIRI )

    Contact Us
    BBM : 33449B3B / E3876151
    WA : +6281330802453
    Line : juraganqq_official

    Link Official :
    juraganqq.org
    juraganqq.biz
    qqjuragan.com

    Tunggu apalagi ? Daftarkan diri anda segera juga dan menangkan jackpot jutaan rupiah hanya dengan modal Rp 20.000,-
    Hanya Di JURAGANQQ

    BalasHapus

Posting Komentar

Let commented politely and properly in accordance with tact. 😊

📷 Instagram: fariskalf 🐦 Twitter: @FariskaLF 😉

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Bersedia - Ost. BoBoiBoy

Singer: Hana Abdul Aziz Ost. for BoBoiBoy Marilah Kita pergi mengembara Inilah masanya Untuk bersuka ria Jangan bimbang Jangan diragu-ragukan Pasti 'kan teruja Biar ia bawa kau pergi Jangan takutkan langit yang gelap Ayuh, beranikan diri sahaja Kita hadapi semua bersama Bersedia Cabaran Akan datang tak menduga Dengan tidak dijangkan Mana saja kita berada Percayalah Aku di sini untukmu Sepanjang perjalanan Bersama hingga akhirnya Jangan takutkan langit yang gelap Ayuh, beranikan diri sahaja Kita hadapi semua bersama Bersedia Pergi mengembara Kini masanya Bersedia Dan akan ku janjikan Kau tak akan sendirian Ku bersamamu seiringan Usalah engkau bimbangkan Kita harungi bersama Dan aku tak 'kan pergi Bersedia Pergi mengembara Kini masanya Bersedia Bersedia

Cara Membuat Cover Ujian Nasional Sederhana

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan memberitahu  Cara Membuat Cover Ujian Nasional Sederhana , bagaimanakah caranya? Cukup ringkas kok, caranya kita harus mengetahui unsur kata maupun simbol yang ada dalam cover ujian nasional. Berikut ini unsur-unsur pada cover ujian nasional: 1. Tulisan DOKUMEN NEGARA, SANGAT RAHASIA . 2. Paket Soal Ujian Nasional     Bisa Anda tulis sendiri atau menggunakan barcode (kode yang lain). 3. Tulisan UJIAN NASIONAL     Anda bisa menentukan ukurannya sendiri atau mengcopast gambar di bawah ini: 4. Tahun Pelajaran, Jenis Ujian Nasional, Jenjang, Mata Pelajaran, Tanggal, dan Waktu     Bisa Anda tulis sendiri atau mencari contohnya pada cover ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. 5. Logo KEMDIKBUD dan Tulisan PUSPENDIK BALITBANG     Contoh logo KEMDIKBUD dan tulisan PUSPENDIK BALITBANG:  6. Logo BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ( BSNP )      Contoh logo BSNP berwarna:  7. Tulisan KEMENTERIAN PENDIDIKA

日本語 1

こんいちわ。 おげんきですか? :) Kali ini saya akan membagikan posting yang berkaitan dengan Jepang, yakni  日本語 .  日本語  ( Nihongo ) atau bahasa Jepang memiliki banyak hal yang bisa dipelajari. Berhubung saya juga mempelajari bahasa Jepang di sekolah, jadi posting sambil belajar. :D Sebelumnya, saya akan memperkenalkan diri dengan bahasa Jepang. :D Konnichiwa (こんにちは) hajimemashite ( 初めまして ) Watashi no namae wa Farisuka Rachifa Fikuri matawa Farisu desu ( わたし の なまえ わ ファリスカ ラチファ フィクリ または  ファリスカ  です ) Gondoharamu-mura, Jekuro bungu, Kudo~usu sesshō, Chūbu Jawa, Indoneshia kara kimashita (ゴンドハラム 村, ジェクロ 分区,クドゥス 摂政, 中部 ジャワ, インドネシア から来ました) Yoroshiku onegaishimasu  (よろしく お願いします) Dalam perkenalan yang saya lakukan, saya merubah beberapa kosakata asli, yakni Fariska menjadi Farisuka , Lathifa menjadi Rachifa , Fikri menjadi Fikuri , Faris menjadi Farisu , Gondoharum menjadi Gondoharamu , Jekulo menjadi Jekuro , serta Kudus menjadi Kudo~usu . Indonesia memiliki nama Indoneshia  dalam bahasa Jepa