Langsung ke konten utama

Astronomy


Astronomi adalah sebuah cabang ilmu alam yang mempelajari tentang benda-benda langit (seperti bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (Cosmic Microwave Background Radiation).
Kata astronomi berasal dari bahasa Yunani, astron (ἄστρον,"bintang") yang kemudian diakhiri -nomi  dari nomos (νόμος, "hukum" atau "budaya"). Maka secara harfiah, astronomi berarti budaya/hukum bintang-bintang.

Cabang-Cabang Ilmu Astronomi

Astronomi memiliki beberapa cabang, diantaranya:

Astrometri
Astrometri adalah cabang dari astronomi yang memusatkan perhatian pada posisi bintang dan benda langit lainnya.

Kosmologi
Kosmologi adalah cabang dari astronomi yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.

Fisika Galaksi
Fisika galaksi adalah cabang dari astronomi yang mempelajari galaksi dengan bantuan ilmu fisika.

Astronomi Ekstragalaksi
Astronomi ekstragalaksi adalah cabang dari astronomi yang mempelajari galaksi selain galaksi kita.

Ilmu Planet (Planetologi)
Ilmu planet atau keplanetan (planetologi) adalah cabang dari astronomi yang mempelajari planet dan tata surya, dan menjadi satu bidang interdisiplin dari berbagai ilmu.

Fisika Bintang
Fisika bintang adalah cabang dari astronomi yang mempelajari bintang dengan bantuan ilmu fisika.

Evolusi Bintang
Evolusi bintang adalah cabang dari astronomi yang mempelajari kehidupan bintang dari lahir hingga mati.

Perlengkapan Astronomi

Beberapa perlengkapan astronomi yang digunakan selama observasi ataupun penggunaan lainnya adalah sebagai berikut:

Teleskop (teropong bintang)
Teleskop (teropong bintang) adalah sebuah alat optik dalam ilmu astronomi yang digunakan untuk mengamati langit serta benda-benda yang ada di galaksi. Selain itu, perbesaran pada teleskop dapat diketahui dengan rumus: M = fob : Sok (M = perbesaran, fob = jarak fokus lensa objektif, dan Sok = jarak fokus lensa okuler).

Observatorium
Observatorium adalah sebuah lokasi dengan perlengkapan yang diletakkan secara permanen agar dapat melihat langit dan peristiwa yang berhubungan dengan angkasa. Beberapa contoh observatorium antara lain Bosscha Observatory, European Southern Observatory, W.M. Keck Observatory, Mount Wilson Observatory, Palomar Observatory, dan Gemini Observatory.

Planetarium
Planetarium adalah gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Beberapa contoh planetarium antara lain Jakarta Planetarium, Zeiss-Grossplanetarium, Stuttgart Planetarium, dan Eisinga Planetarium.

Satelit
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Satelit dibagi menjadi dua, yakni satelit alami dan satelit buatan. Contoh satelit alami antara lain Phobos, Deimos, Umbriel, dan Bulan. Sedangkan contoh satelit buatan antara lain satelit Palapa, TerraSAR-X, TanDEM-X, KH-4B Corona, dan Starshine 3.


Astronot
Astronot adalah orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Contohnya Yuri Gagarin, Valentina Tereshkova, Alan Shepard, Yang Liwei, Vladimir Remek, Pham Tuan, Arnaldo Tamayo Méndez, dan Neil Armstrong. Sedangkan contoh program penerbangannya antara lain program Apollo, Voskhod, dan pesawat ulang-alik.


Sekian artikel tentang astronomi, selamat membaca artikel yang lainnya. 😄🚀

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Bersedia - Ost. BoBoiBoy

Singer: Hana Abdul Aziz Ost. for BoBoiBoy Marilah Kita pergi mengembara Inilah masanya Untuk bersuka ria Jangan bimbang Jangan diragu-ragukan Pasti 'kan teruja Biar ia bawa kau pergi Jangan takutkan langit yang gelap Ayuh, beranikan diri sahaja Kita hadapi semua bersama Bersedia Cabaran Akan datang tak menduga Dengan tidak dijangkan Mana saja kita berada Percayalah Aku di sini untukmu Sepanjang perjalanan Bersama hingga akhirnya Jangan takutkan langit yang gelap Ayuh, beranikan diri sahaja Kita hadapi semua bersama Bersedia Pergi mengembara Kini masanya Bersedia Dan akan ku janjikan Kau tak akan sendirian Ku bersamamu seiringan Usalah engkau bimbangkan Kita harungi bersama Dan aku tak 'kan pergi Bersedia Pergi mengembara Kini masanya Bersedia Bersedia

Cara Membuat Cover Ujian Nasional Sederhana

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan memberitahu  Cara Membuat Cover Ujian Nasional Sederhana , bagaimanakah caranya? Cukup ringkas kok, caranya kita harus mengetahui unsur kata maupun simbol yang ada dalam cover ujian nasional. Berikut ini unsur-unsur pada cover ujian nasional: 1. Tulisan DOKUMEN NEGARA, SANGAT RAHASIA . 2. Paket Soal Ujian Nasional     Bisa Anda tulis sendiri atau menggunakan barcode (kode yang lain). 3. Tulisan UJIAN NASIONAL     Anda bisa menentukan ukurannya sendiri atau mengcopast gambar di bawah ini: 4. Tahun Pelajaran, Jenis Ujian Nasional, Jenjang, Mata Pelajaran, Tanggal, dan Waktu     Bisa Anda tulis sendiri atau mencari contohnya pada cover ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. 5. Logo KEMDIKBUD dan Tulisan PUSPENDIK BALITBANG     Contoh logo KEMDIKBUD dan tulisan PUSPENDIK BALITBANG:  6. Logo BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ( BSNP )      Contoh logo BSNP berwarna:  7. Tulisan KEMENTERIAN PENDIDIKA

日本語 1

こんいちわ。 おげんきですか? :) Kali ini saya akan membagikan posting yang berkaitan dengan Jepang, yakni  日本語 .  日本語  ( Nihongo ) atau bahasa Jepang memiliki banyak hal yang bisa dipelajari. Berhubung saya juga mempelajari bahasa Jepang di sekolah, jadi posting sambil belajar. :D Sebelumnya, saya akan memperkenalkan diri dengan bahasa Jepang. :D Konnichiwa (こんにちは) hajimemashite ( 初めまして ) Watashi no namae wa Farisuka Rachifa Fikuri matawa Farisu desu ( わたし の なまえ わ ファリスカ ラチファ フィクリ または  ファリスカ  です ) Gondoharamu-mura, Jekuro bungu, Kudo~usu sesshō, Chūbu Jawa, Indoneshia kara kimashita (ゴンドハラム 村, ジェクロ 分区,クドゥス 摂政, 中部 ジャワ, インドネシア から来ました) Yoroshiku onegaishimasu  (よろしく お願いします) Dalam perkenalan yang saya lakukan, saya merubah beberapa kosakata asli, yakni Fariska menjadi Farisuka , Lathifa menjadi Rachifa , Fikri menjadi Fikuri , Faris menjadi Farisu , Gondoharum menjadi Gondoharamu , Jekulo menjadi Jekuro , serta Kudus menjadi Kudo~usu . Indonesia memiliki nama Indoneshia  dalam bahasa Jepa