Langsung ke konten utama

Galaxy



Galaksi (Galaxy) adalah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas, debu medium antarbintang, dan materi gelap (komponen yang penting) namun belum begitu dimengerti.
Galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias (γαλαξίας, "seperti susu"). Hal ini merujuk pada galaksi Bima Sakti yang dalam bahasa Inggris disebut Milky Way yang apabila diterjemahkan berarti jalan susu.

Bentuk-Bentuk Galaksi

Galaksi dibagi menjadi beberapa bentuk, yakni:

Galaksi Eliptis
Galaksi eliptis merupakan tipe galaksi yang memiliki bentuk dasar elipsoid serta memiliki kecerahan yang halus. Contohnya adalah galaksi ESO 325-G004.

Galaksi Spiral
Galaksi spiral merupakan tipe galaksi yang terdiri dari piringan galaksi yang rata dan berputar, yang berisi bintang, medium antarbintang, dan pusat konsentrasi bintang-bintang di bagian tengah galaksi. Contohnya adalah galaksi Bima Sakti, NGC 1300, dan Messier 101.

Galaksi Ganjil
Galaksi ganjil merupakan galaksi yang memiliki sifat-sifat yang tidak biasa karena interaksi pasang surut dengan galaksi lain. Contohnya adalah galaksi cincin.

Galaksi Katai
Galaksi katai merupakan galaksi kecil yang hanya berisi hingga beberapa miliar bintang. Contohnya adalah galaksi ESO 540-31, Phoenix, NGC 1705, Aquarius, Canis Major, Awan Magellan Besar, Awan Magellan Kecil, Sextans A, dan Draco.

Beberapa Contoh Galaksi

Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti (Milky Way) merupakan galaksi tempat planet kita berada. Galaksi Bima Sakti termasuk ke dalam galaksi spiral tipe Hubble SBbc dengan total massa sekitar 10 pangkat 12 massa matahari, yang memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1.000 tahun cahaya. Jarak antara matahari dengan pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya. Diperkirakan terdapat lubang hitam (black hole) di bagian pusat galaksi (Sagitarius A dianggap sebagai lokasinya). Selain itu, tata surya berada di dalam galaksi Bima Sakti. Tata surya memerlukan waktu 225-250 juta tahun untuk menyelesaikan orbit, jadi telah 20-25 kali mengitari pusat galaksi dari sejak saat terbentuknya. Kecepatan orbit tata surya adalah 217 km/d.
Galaksi Bima Sakti diperkirakan memiliki 4 spiral utama dan 2 yang lebih kecil, yakni Lengan Norma, Lengan Scutum-Crux, Lengan Sagitarius, Lengan Orion, Lengan Perseus, dan Lengan Cygnus. 
Galaksi Bima Sakti juga memiliki inti galaksi, yakni Pusat Bima Sakti, Sagitarius A, Sagitarius A*, dan lubang hitam supermasif.
Galaksi Bima Sakti juga memiliki galaksi satelit, seperti Awan Magellan, Sferoid Sagittarius, Katai, dan lainnya.

Galaksi Pusaran

Galaksi Pusaran (disebut juga Messier 51a, M51a, atau NGC 5914) adalah interaksi galaksi spiral desain utama dengan inti galaksi aktif Seyfert 2 di rasi bintang Canes Venatici. Diperkirakan berjarak 23 +/- 4 juta tahun cahaya dari Bima Sakti.

Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda dengan nama lain Messier 31, M31, atau NGC 224 adalah sebuah galaksi spiral berjarak kira-kira 780 kiloparsec (2,5 juta tahun cahaya) dari bumi. Galaksi ini juga dapat dilihat dengan mata telanjang dalam keadaan tertentu, letaknya di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, dan November.

Galaksi Mata

Galaksi Mata (NGC 4435-NGC 4438, juga dikenal sebagai Arp 120) adalah pasangan galaksi yang berjarak sekitar 52 juta tahun cahaya di rasi bintang Virgo. 

Galaksi Kincir Angin

Galaksi Kincir Angin (atau dikenal sebagai Messier 101, M101, atau NGC 5457) adalah galaksi spiral face-on dengan jarak 21 juta tahun cahaya (enam megaparsec) di rasi bintang Ursa Major.

Galaksi Bunga Matahari

Galaksi Bunga Matahari (juga dikenal sebagai Messier 63, M63, atau NGC 5055) adalah sebuah galaksi spiral di rasi bintang Canes Venatici, terdiri dari cakram pusat yang dikelilingi oleh banyak segmen lengan spiral pendek.

Galaksi Mata Hitam

Galaksi Mata Hitam (juga disebut Messier 64, M64, atau NGC 4286) merupakan galaksi spiral di rasi bintang Coma Berenices. Galaksi ini memiliki sebuah jalur debu penyerap gelap yang spektakuler di depan inti cerah galaksi, sehingga menimbulkan julukan "Mata Hitam" atau "Mata Setan".

Galaksi Cartwheel

Galaksi Cartwheel (juga dikenal sebagai ESO 350-40) adalah galaksi lentikular dan galaksi cincin, berjarak sekitar 500 juta tahun cahaya di rasi bintang Scluptor. 

Galaksi Sombrero

Galaksi Sombrero (juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594) adalah sebuah galaksi spiral di rasi bintang Virgo. Dari Bumi galaksi ini tampak seperti topi sombrero.

Galaksi Baby Boom

Galaksi Baby Boom adalah salah satu galaksi di dalam Medan Ultra Dalam Hubble, jaraknya mencapai 12,2 miliar tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini termasuk salah satu yang terjauh dan tertua di jagad raya. Galaksi ini juga dijuluki sebagai "mesin bintang".

Galaksi Bode

Galaksi Bode (disebut juga Messier 81, M81, atau NGC 3031) merupakan galaksi spiral yang berjarak sekitar 12 miliar tahun cahaya dari bumi, yang berada di rasi bintang Ursa Mayor. 

Galaksi Cerutu

Galaksi Cerutu (NGC 3034, M82) merupakan prototipe galaksi semburan bintang terdekat yang berjarak sekitar 12 juta tahun cahaya pada rasi bintang Ursa Mayor.

Galaksi Triangulum

Galaksi Triangulum (Messier 33, M33, atau NGC 598) adalah galaksi spiral kira-kira 3 juta tahun cahaya dari bumi di rasi bintang Triangulum. 

Beberapa Contoh Objek Messier

Crab Nebula, M1, NGC 1952, Taurus A

Messier 2, M2, NGC 7089
Beberapa Contoh Objek NGC (New General Catalogue)

NGC 3 (UGC 58 atau PGC 565)

Gugus Burung Hantu, NGC 457, Caldwell 13

Beberapa Contoh Gugus Terbuka

Gugus Bebek Liar
Gugus Kupu-kupu

Beberapa Contoh IC

Nebula Irisan Lemon, IC 3568
IC 10

Beberapa Contoh Nebula Planeter

Nebula Jam Pasir, MyCn 18
Nebula Hantu Kecil
Itulah artikel tentang galaksi. Memang, jagad raya ini begitu luas. Bahkan, dari artikel ini masih sangat banyak hal lagi yang belum kita ketahui. Ini membuktikan bahwa kuasa Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa tidak akan tertandingi. Allahu a'lam..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Bersedia - Ost. BoBoiBoy

Singer: Hana Abdul Aziz Ost. for BoBoiBoy Marilah Kita pergi mengembara Inilah masanya Untuk bersuka ria Jangan bimbang Jangan diragu-ragukan Pasti 'kan teruja Biar ia bawa kau pergi Jangan takutkan langit yang gelap Ayuh, beranikan diri sahaja Kita hadapi semua bersama Bersedia Cabaran Akan datang tak menduga Dengan tidak dijangkan Mana saja kita berada Percayalah Aku di sini untukmu Sepanjang perjalanan Bersama hingga akhirnya Jangan takutkan langit yang gelap Ayuh, beranikan diri sahaja Kita hadapi semua bersama Bersedia Pergi mengembara Kini masanya Bersedia Dan akan ku janjikan Kau tak akan sendirian Ku bersamamu seiringan Usalah engkau bimbangkan Kita harungi bersama Dan aku tak 'kan pergi Bersedia Pergi mengembara Kini masanya Bersedia Bersedia

Cara Membuat Cover Ujian Nasional Sederhana

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan memberitahu  Cara Membuat Cover Ujian Nasional Sederhana , bagaimanakah caranya? Cukup ringkas kok, caranya kita harus mengetahui unsur kata maupun simbol yang ada dalam cover ujian nasional. Berikut ini unsur-unsur pada cover ujian nasional: 1. Tulisan DOKUMEN NEGARA, SANGAT RAHASIA . 2. Paket Soal Ujian Nasional     Bisa Anda tulis sendiri atau menggunakan barcode (kode yang lain). 3. Tulisan UJIAN NASIONAL     Anda bisa menentukan ukurannya sendiri atau mengcopast gambar di bawah ini: 4. Tahun Pelajaran, Jenis Ujian Nasional, Jenjang, Mata Pelajaran, Tanggal, dan Waktu     Bisa Anda tulis sendiri atau mencari contohnya pada cover ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. 5. Logo KEMDIKBUD dan Tulisan PUSPENDIK BALITBANG     Contoh logo KEMDIKBUD dan tulisan PUSPENDIK BALITBANG:  6. Logo BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ( BSNP )      Contoh logo BSNP berwarna:  7. Tulisan KEMENTERIAN PENDIDIKA

日本語 1

こんいちわ。 おげんきですか? :) Kali ini saya akan membagikan posting yang berkaitan dengan Jepang, yakni  日本語 .  日本語  ( Nihongo ) atau bahasa Jepang memiliki banyak hal yang bisa dipelajari. Berhubung saya juga mempelajari bahasa Jepang di sekolah, jadi posting sambil belajar. :D Sebelumnya, saya akan memperkenalkan diri dengan bahasa Jepang. :D Konnichiwa (こんにちは) hajimemashite ( 初めまして ) Watashi no namae wa Farisuka Rachifa Fikuri matawa Farisu desu ( わたし の なまえ わ ファリスカ ラチファ フィクリ または  ファリスカ  です ) Gondoharamu-mura, Jekuro bungu, Kudo~usu sesshō, Chūbu Jawa, Indoneshia kara kimashita (ゴンドハラム 村, ジェクロ 分区,クドゥス 摂政, 中部 ジャワ, インドネシア から来ました) Yoroshiku onegaishimasu  (よろしく お願いします) Dalam perkenalan yang saya lakukan, saya merubah beberapa kosakata asli, yakni Fariska menjadi Farisuka , Lathifa menjadi Rachifa , Fikri menjadi Fikuri , Faris menjadi Farisu , Gondoharum menjadi Gondoharamu , Jekulo menjadi Jekuro , serta Kudus menjadi Kudo~usu . Indonesia memiliki nama Indoneshia  dalam bahasa Jepa